Selasa, 23 Desember 2014

ANALISIS PERAN DAN KEGUNAAN TEKNOLOGI NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) TERHADAP KEGIATAN TRANSAKSI PEMBAYARAN MASYARAKAT

Nama  : Finah Alfiah
Nim     : 1112081000011
Tugas Sistem Informasi Manajemen

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan setiap saat. Tidak hanya peragkat keras semacam handphone yang berkembang namun perangkat-perangkat lunaknya seperti system operasi dan teknologi pengiriman data pun turut berkembang pesat. Seiring dengan pesatnya laju perkembangan teknologi dan system informasi yang banyak mendukung proses bisnis, maka dari itu dibutuhkan pengelolaan data transaksi yang semakin cepat pula. Beberapa mekanisme transaksi yang sekarang banyak dipergunakan antara lain adalah internet online payment, smart card, radio frequency identification (RFID), mobile payment, dan lain-lain. Dimana mekanisme-mekanisme tersebut dirancang untuk mempermudah user melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun user berada. Dalam praktek keseharian yang normal transaksi seperti pembayaran akan dilakukan dengan menggunakan uang sedangkan pertukaran informasi akan dilakukan dengan menggunakan kertas. Sehingga diperlukan suatu mekanisme transaksi yang dapat menghemat sumber daya dan meningkatkan keakuratan serta keamanan transaksi itu sendiri.
Kemajuan teknologi dan tuntutan konsumen untuk melakukan segala sesuatu dengan mudah dan instan kembali mendorong gebrakan baru di dunia teknologi ponsel. Teknologi terbaru ini disebut NFC, singkatan dari Near-Field Communication. Dahulu aplikasi pengiriman data pada ponsel yang pertama kali muncul adalah Infrared, dilanjutka degan Bluetooth dan saat ini yang tengah berkembang adalah NFC. Kebutuhan pengiriman data yang lebih efisien dan memiliki banyak fungsi melatar belakangi hadirnya NFC. NFC adalah pengembangan dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang digunakan ke dalam perangkat handphone untuk memudahkan transaksi. Teknologi Near Field Communication (NFC) dapat membuat hidup lebih mudah dan nyaman bagi penggunanya di seluruh dunia dalam melakukan transaksi, seperti pertukaran konten digital hanya menghubungkan perangkat elektronik ke perangkat elektronik yang memiliki teknologi NFC dengan sentuhan, pengguna juga bisa membeli tiket apapun hanya dengan mengaktifkan NFC pada ponsel. NFC memiliki banyak fungsi seperti dapat mentransfer data dengan cepat, melakukan transaksi pembelian tanpa perlu menggunakan kartu kredit maupun debit, dan mudah dalam pelaksanaannya karena tidak perlu melewati proses pengaktifan yang begitu rumit.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja kegunaan dan peran teknologi Near field communication (NFC) dalam dunia bisnis?
2.      Apa sajakah manfaat dari teknologi Near Field Communication (NFC) bagi kegiatan transaksi masyarakat?
C.    Tujuan
1.      Memberikan informasi tentang kegunaan dan peran teknologi Near Field Communication (NFC) dalam dunia bisnis?
2.      Memberikan informasi tentang manfaat dari teknologi NFC bagi kegiatan transaksi masyarakat?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Defenisi Near Field Communication (NFC)
Banyak yang sudah kenal dengan Bluetooth, Wifi, dan beragam komunikasi nirkabel lainnya, tapi NFC baru pertama kali menyentuh telinga orang-orang. Near Field Communication (NFC) adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarak dekat yang memungkin interaksi dua arah antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple. NFC juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat elektronik hanya dengan satu sentuhan.


NFC atau Near-Field Communication adalah salah satu teknologi komunikasi antar gadget terbaru yang menggunakan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk saling bertukar data dalam jarak dekat, sekitar 4 inci. Teknologi NFC (Near Field Communication),  merupakan prinsip  komunikasi nirkabel standar yang memungkinkan dua perangkat untuk bertukar data saat dalam posisi berdekatan satu sama lain. NFC bekerja hanya dalam jarak sangat dekat, hingga 20cm (7,87 inci) secara teori, meskipun jarak operasi aktual yang optimal adalah sekitar 4cm (1,57 inci) atau kurang, berbeda dengan Bluetooth, yang  dapat memasangkan perangkat sampai jarak 50 meter.
NFC beroperasi pada frekwensi 13.65 MHz dengan rata – rata kecepatan transfer 106 Kbps sampai 848 Kbps. NFC selalu melibatkan inisiator dan target. Inisiator secara aktif menghasilkan Frekwensi Radio (RF) yang dapat mengaktifkan target yang pasif. Hal ini memungkinkan target NFC untuk dapat mengidentifikasi factor – factor yang sangat sederhana dari device seperti tag, stiker, key fobs, ataupun kartu yang tidak memerlukan baterai.
B.     Manfaat Near Field Communication (NFC)
Dengan semakin majunya teknologi dalam komunikasi data antar perangkat ini maka manfaat yang dihasilkan dari NFC makin beragam, bahkan beberapa diantaranya sudah mulai diterapkan diberbagai penjuru dunia. NFC sendiri menyederhanakan komunikasi data antar perangkat yang biasanya harus mengkoneksikan menggunakan Bluetooth maupun Wi-Fi yang memerlukan otentikasi dan penyamaan koneksi terlebih dahulu sebelum bisa digunakan dan biasanya memakan waktu yang cukup lama, berbeda dengan NFC otentikasi antar perangkat dilakukan hanya beberapa detik saja. Berbagai manfaat yang didapatkan dari  NFC disesuaikan dengan teknologi yang semakin hari semakin maju. NFC dapat memberikan berbagai manfaat kepada pengguna seperti:
1.      Intuitif: Interaksi “NFC” tidak membutuhkan kesulitan hanya dari sentuhan sederhana.
2.      Versatile: NFC cocok digunakan untuk industri, dan lingkungan yang luas.
3.     Berbasis standar: Lapisan dasar teknologi NFC mengikuti standar universal yang telah diterapkan oleh ISOECMA, dan ETSI.
4.      Teknologi yang memungkinkan: NFC memfasilitasi pengaturan dengan cepat dan sederhana dari teknologi nirkabel, seperti Bluetooth dan Wi-Fi.
5.      Inherently secure: Transmisi NFC bekerja dengan jarak dekat.
6.      Interoperable: NFC bekerja dengan teknologi yang sudah ada kartu contactless.
7.      Keamanan: NFC telah memiliki kemampuan untuk mendukung aplikasi yang aman.
Ada beberapa manfaat NFC. Selain sebagai sarana untuk kemudahan pembayaran, NFC bisa dimanfaatkan untuk :
1.      Kendali akses
2.      Produk elektronik konsumen
3.      Dunia kesehatan
4.      Sarana koleksi dan pertukaran informasi
5.      Kupon dan loyalitas
6.      Transportasi

Dengan berkembangnya teknologi seperti NFC ini maka memudahkan dalam komunikasi data seperti pertukaran konten digital baik video, audio maupun gambar. Kemudian menghubungkan perangkat elektronik dengan perangkat elektronik lainnya yang mempunyai teknologi NFC sebagai sebuah solusi pembayaran instan, pembelian tiket, pembelian barang, hingga menjadi salah satu dompet digital selain menggunakan kartu kredit.
C.    Kelebihan dan Kekurangan Teknologi NFC

kelebihan NFC sebagai berikut:
1.      Mempermudah kita dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan kartu kredit atau kartu prabayar. Cukup dengan menggunakan smartphone yang telah terintegrasi NFC.
2.      Koneksi dengan perangkat lain sangat mudah, hanya dengan satu sentuhan saja.
3.      Lebih aman dan nyaman karena NFC memiliki system security yang bagus.
4.      Transaksi pembayaran yang dilakukan lebih cepat.
5.      Sedikit kemungkinan untuk terjadi gangguan saat koneksi karena menggunakan system RFID.
6.      Transaksi yang dilakukan bebas biaya.
7.       Keunikan dari NFC ini terletak pada kemampuannya untuk mengubah mode operasinya menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan ISO/EIC 14443 contacless smart card standard.
Kelemahan NFC sebagai berikut:
1.       Masih minimnya prasarana yang support dengan perangkat NFC di tempat – tempat umum khususnya di Indonesia.
2.      Masih belum banyaknya orang yang tahu tentang teknologi ini karena masih tergolong baru di Indonesia.
3.       Untuk komunikasi antar perangkat masih perlu jarak yang sangat dekat.
4.       Harga perangkat NFC yang tidak murah, seperti harga smartphone yang masih cukup mahal untuk saat ini.
5.      Masih rendahnya kecepatan transfer data yang dapat dilakukan.
6.      Device yang mendukung teknologi ini masih sangat sedikit.
7.      Memerlukan berbagai pemangku kepentingan, termasuk bank, operator selular, jaringan kartu dan pedagang.
D.    Cara Kerja NFC
NFC merupakan pengembangan dari teknologi RFID (Radio Frequency ID) yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola identitas item barang. Peritel seperti Carrefour menggunakan RFID untuk menjaga keamanan barang-barang yg tergolong mahal. Pemilik mobil juga bisa memasang e-Toll di mobil mereka agar tidak perlu antre di loket Tol. E-Toll menggunakan teknologi RFID didalamnya.
RFID harus menggunakan peralatan khusus yang tidak bisa digunakan secara personal, sehingga pemanfaatannya kurang luas. Sedangkan NFC bisa digunakan secara personal, karena diintegrasikan pada Smartphone & tablet.
Cara kerja NFC sendiri mirip dengan Bluetooth & WiFi, yaitu melakukan koneksi Wireless berbasis frekuensi radio. Perbedaannya sebagai berikut :
1.      Koneksi Bluetooth/WiFi menggunakan setting teknis tertentu, NFC hanya perlu melakukan Tap (mendekatkan Smartphone pada terminal NFC).
2.      Bluetooth & WiFi menggunakan frekuensi 2.4 – 2.5 GHz, sedangkah NFC menggunakan frekuensi rendah 13.56 MHz.
3.      Jarak transfer Bluetooth ~ 3m, WiFi ~ 100m, sedangkan NFC tidak lebih dari 20 cm.
4.      NFC hanya mentransfer data kapasitas rendah (satuan kilobyte), karena hanya untuk melakukan otorisasi, informasi kecil, transaksi & pembayaran.
5.      Waktu setup koneksi NFC hanya < 0,1 detik, sedangkan Bluetooth/WiFi bisa lebih dari 6 detik.

NFC memerlukan dua perangkat untuk berkomunikasi, yang dinamakan NFC Reader dan NFC Tags. NFC Reader adalah Smartphone/Tablet pengguna dengan fitur NFC. NFC Tags sendiri merupakan terminal kecil berisi sebuah Chip (IC) NFC dengan antena radio terintegrasi. NFC Tag dapat menyimpan berbagai informasi yang ditentukan oleh penggunanya, misalnya informasi diskon, peta, harga atau tiket. Jadi saat melakukan pembayaran Smartphone dan NFC Tag akan didekatkan, lalu terjadi transaksi otomatis.
Pada prinsipnya, kedua perangkat NFC menggunakan medan elektromagnetik untuk melakukan transfer data. Saat kita mendekatkan Smartphone ke Terminal NFC, NFC Reader akan mengaktifkan signal didalam NFC Tag. Lalu kedua perangkat ini langsung berkomunikasi, dimana NFC Reader mengambil informasi didalam NFC Tag. NFC Reader mengirimkan informasi itu ke server.
E.     Penggunaan NFC dikehidupan sehari-hari
Dengan mengetahui apa itu NFC, maka tentu sudah bisa terbayang berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi ini di kemudian hari. Pelan tapi pasti, NFC kemungkinan akan menggeser kehadiran dompet, kartu ATM maupun kredit, dan tiket-tiket kertas konvensional lainnya (entah itu tiket angkutan umum, pesawat, konser, bioskop, dan lainnya.
            Berikut adalah beberapa kegunaan NFC di dalam kehidupan nyata, yang dirangkum dalam kehidupan satu hari pembaca sebagai seorang karyawan, agar pembaca lebih mengerti lagi apa itu NFC dengan segala kemungkinan yang membuat tercengang, dimana hidup akan terasa jauh lebih mudah dari biasanya.
1.      Ketika terbangun, Anda melihat susu di kulkas sudah mau habis. Cukup dekatkan ponsel Anda ke kontainer susu yang biasa anda beli, secara otomatis susu akan masuk ke daftar belanja Anda setelah pulang kerja, lengkap dengan harga dan gerai dimana susu itu bisa dibeli. Pertukaran informasi yang cepat untuk membantu Anda berbelanja dan melakukan komparasi harga sebelum membeli produk.
2.      Anda adalah pelanggan setia kereta api untuk pergi ke tempat kerja. Antrian di loket karcis penuh? Tidak usah khawatir, karena Anda memiliki NFC di ponsel, memungkinkan Anda untuk langsung berjalan menuju ke gerbang. Dekatkan ponsel ke tag pasif NFC di gerbang, dan Anda sudah masuk ke peron tanpa harus mengantri tiket lagi. NFC untuk sarana angkutan umum dengan sistem prabayar tentu membuat hidup menjadi lebih mudah. Aplikasi ini sudah diterapkan di Jepang dan di Inggris.
3.      Sembari menunggu kereta, Anda dapat pergi menuju ke kios di depan peron, membeli koran hari ini untuk dibaca selama perjalanan. Tidak perlu repot mengeluarkan uang, cukup dekatkan sekali lagi ponsel anda ke tag pasif NFC, maka pembayaran pun dapat dilakukan, debit maupun kredit. NFC ternyata bisa digunakan sebagai sarana pembayaran yang mobile menggantikan kartu-kartu yang membuat dompet Anda penuh sesak.
4.      NFC dapat juga dijadikan sebagai kunci keamanan. Sampai di kantor, Anda dapat membuka pintu dengan menggunakan NFC sebagai identitas masuk. Tidak perlu lagi kunci fisik ataupun kartu identitas bermagnet, NFC sudah melakukannya semua untuk Anda.
5.      Pulang dari kantor, Anda melewati toko buku dan melihat buku terbaru karangan penulis favorit Anda sudah terbit. Poster dengan tag NFC pasif terpajang di depan toko buku itu. Dekatkan ponsel Anda, dan preview serta sinopsis pun dapat dibaca di ponsel sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau tidak. NFC memberi kenyamanan dan kemudahan dalam promosi produk baru, membuat rumah Anda tidak dipenuhi brosur-brosur kertas yang juga tidak ramah lingkungan.

F.     NFC vs Bluetooth
Aspek
NFC
Bluetooth
Jarak
Jarak maksimum 4cm
Lebih dari 32 meter
Kecepatan
106 Kbps sampai 424Kbps
2.1Mbps
Konsumsi Daya
Lebih sedikit
Lebih banyak
Cara Pemakaian
Lebih simple
Lumayan rumit
Aplikasi
Sistem pembayaran dan sistem ID
Koneksi skala panjang bersama perangkat seperti  computer,headseat , dan ponsel
Tingkat Kemanan
Memiliki tigkat securitas yang tinggi
Tingkat securitas kurang
Frekwensi
13.56 MHz
2.4–2.5 GHz
Waktu
1 detik
6-8 detik

Denga jarak yang lebih dekat,NFC tidak membutuhka gelombang radio sebanyak Bluetooth. Hal ini memungkinkan NFC untuk mengkonsumsi daya sesedikit mungkin sehinga tidak terlalu banyak mempengaruhi daya pada baterai telepon.
Salah satu keunggulan NFC dari Bluetooth adalah NFC bebas dari kerumitan. Dengan Bluetooth, pertama-tama anda  harus menghidupkan Bluetooth, menemukan perangkat,memasangka perangkat secara bersama-sama, dan meandai folder yang aka anda kirimkan. Degan NFC, anda hanya perlu mendekatkan dua perangkat dalam rage jagkauan dan NFC akan memfasilitasi omunikasi antar keduanya.
G.    NFC di Luar Indonesia
Sejak dikembangkan tahun 2008, NFC telah diadopsi secara global terutama di negara-negara maju. Sampai saat ini NFC telah diuji coba dan komersial pada lebih dari 200 proyek di 54 negara. Di Amerika, Eropa, Rusia dan Australia teknologi ini telah digunakan secara luas. Beberapa negara Timur Tengah juga sudah mencoba teknologi ini, antara lain Iran, Israel, Kuwait, Emirat Arab,dan Arab Saudi. Bahkan masayarkat Afrika pun sudah menikmati NFC, antara lain Kenya dan Afrika Selatan.
Untuk kawasan Asia, NFC dimulai oleh negera maju seperti Hongkong, Jepang, Korea, Taiwan, China, bahkan India dan Sri Langka. Sedangkan kawasan Asia Tenggara dimulai oleh Singapura, Malaysia, Thailand, dan Philipina. Sayang tentunya, Indonesia belum muncul pada laporan internasional sebagai negara pengguna NFC.
Bekerja sama dengan Hotel Clarion Stockholm, TeliaSonera telah melakukan uji coba pemanfaatan NFC sebagai pengganti kunci kamar hotel. VeriFone menyiapkan 15.600 NFC Reader untuk operator taxi terbesar di Singapura.
Bank of Montreal Kanada mengenalkan layanan pembayaran dengan NFC yang menggunakan stiker tertempel di sisi belakang smartphone. Beberapa Bank berskala internasional bahkan sudah melayani penggunaan NFC dengan dukungan PayPal dan Google Wallet.
Bulan April Korea Telecom (KT) dan NTT DoCoMo Jepang berencana meluncurkan roaming NFC di kedua negara. Dengan program roaming tersebut, layanan kupon dan pembayaran dengan NFC yang dimiliki KT akan dapat digunakan di Jepang, dan sebaliknya.
Di Turki, teknologi ini menggunakan kolaborasi HID Global dengan Research In Motion (RIM) dan telah berhasil diimplementasikan dalam mengaplikasikan pembayaran disetiap transaksi pembelanjaan di merchant lokal maupun luar negeri. Fungsi tersebut bisa berjalan menggunakan bantuan mesin pembaca khusus, MasterCard Pay Pass reader.
Di Indonesia, NFC sedang dikembangkan sebagai transaksi pembayaran, tetapi bukan berarti fitur tersebut hanya menjadi penghias di ponsel terbaru Anda sekarang.
Banyak produsen smatphone telah memasang NFC pada produknya, antara lain. Blackberry (Bold 9790, 9900/9930, Curve 9350/9360/9370, 9380), Samsung (Galaxy Note, S II, S5230 NFC, S5260 NFC, Wave 578, M, Y, ), Google (Nexus S, Galaxy Nexus), Nokia (603, 700, 701, C7, N9), HTC (Incredible, Ruby/Amaze 4G), LG (Optimus LTE, Net, Vu, T530 Ego), Motorolla Droid Razr, dan tentu masih banyak lagi.
November 2011 GSMA mengumumkan bahwa 45 operator seluler besar dunia telah berkomitmen untuk adopsi NFC pada SIM-Card mereka. Diprediksi tahun ini NFC memasuki masa transisi, dari 'innovator' menuju 'early adaptor' atau dari 'trial' menuju 'komersial'.
Frost & Sullivan bahkan memperkirakan pertumbuhan pembayaran NFC per tahun berkisar 118 persen, sehingga jumlah pembayaran pada tahun 2015 bakal mencapai € 111.19 miliar. Tahun ini jumlah ponsel NFC lebih dari 70 juta, dan pada tahun 2015 akan tembus 863 juta atau 53 persen dari total ponsel yang ada.
H.    NFC di Indonesia
Indonesia boleh dibilang terlambat mengadopsi teknologi NFC. Sejauh ini Indonesia belum muncul di berbagai laporan internasional sebagai negara pengguna NFC. Maret tahun lalu, VP Channel Management Telkomsel sempat menyatakan ingin segera melakukan uji coba NFC.
Selanjutnya pada September, perangkat NFC milik Telkomsel nampak terpasang di Circle-K Kalapa Gading. Namun sejauh ini belum ada pernyataan resmi Telkomsel terkait adopsi teknologi tersebut.
Meskipun operator belum menggelar NFC, beberapa pembuat aplikasi lokal sudah siap meramaikan kehadiran teknologi ini. Sebut saja seperti Menoo! Tap Tap dan Smash Mania yang siap mendukung NFC Nokia. InTouch juga telah siap menyediakan aplikasi NFC untuk pengguna Blackberry. Meskipun relatif terlambat, banyak pihak optimis teknologi NFC bakal mendapat sambutan meriah di Indonesia. Paling tidak ada tiga alasan, jumlah kartu SIM negeri ini telah melebihi populasi penduduk, pengguna internet lebih dari 55 juta, jumlah penggila Blackberry yang luar biasa sementara RIM merupakan produsen yang aktif memasang NFC pada berbagai produknya.
Teknologi NFC di Indonesia mungkin memang belum begitu populer namun jika kita menyadari ternyata teknologi ini sudah mulai banyak digunakan misalnya E-KTP. Proses transver data dari alat NFC ke E-KTP (E-KTP ternyata memiliki data yang tidak bisa dilihat tanpa Teknologi NFC) memang tidak dengan cahaya atau kabel data melainkan dengan RFID. Hanya diletakkan di perangkat NFC dan data yang dari komputer sudah masuk ke E-KTP.
E-KTP itu adalah salah satu contoh penggunaan teknologi NFC yang sudah ada di Indonesia artinya kita cukup bangga dengan Indonesia yang telah menggunakan teknologi tersebut walau tidak banyak orang yang tahu
I.       Analisis teknologi NFC (Near Field Communication)
NFC merupakan slah satu teknologi yang sangat memudahkan kegiatan masyarakat seperti melakukan transaksi pembayaran apa saja, dengan adanya NFC masyarakat dapat mengubah ponsel menjadi sebuah alat pembayaran transaksi keuangan, selain konsumen bisa merasa nyaman dalam bertransaksi, keunggulan lainnya adalah dapat mengurangi biaya produksi kertas seperti biaya tiketing atau bukti pembayaran.
Dengan menggunakan NFC masyarakat tidak perlu lagi mengantri tiket kereta cukup dengan mengaktifkan NFC pada ponsel dan menempelkan ponsel pada perangkat yang tersedia. Masyarakat juga dapat melakukan pertukaran data dalam waktu yang singkat tanpa memerlukan lagi koneksi antar gadget atau ponsel, cukup dengat satu sentuhan dan mendekatkan gadget data pun telah tersalurkan. Keunggulan  dari teknologi NFC membuat masyarakat menjadi lebih mudah dan nyaman dalam bertransaksi. NFC bekerja di antara dua perangkat yang berdekatan (biasanya dengan jarak beberapa sentimeter). Setelah sambungan dibuat dalam hitungan detik, informasi dapat dipertukarkan antara kedua perangkat.
Di luar Indonesia Negara lain telah banyak menggunakan teknologi NFC seperti jepang, korea, eropa, amerika, Rusia dan Australia, bebberapa Negara timur tengah juga menggunakan teknologi NFC, bahkan afrika, Kenya dan afrika selatan telah menggunakan NFC. Negara-negara tersebut sangat antusias ketika mendengar ada teknologi yang sangat memudahkan kegiatan masyarakat. Kegitan ini sangat menguntungkan bagi masyarakat dan perusahaan karena salah satu nya dapat mengurangi biaya-biaya seperti biaya produksi dll.
Untuk kawasan Indonesia belum banyak terdengar di telinga masyarakat apa itu teknologi NFC, padahal teknologi NFC ini sudah diterapkan pada smartphone tetapi masyarakat tetap saja tidak mengetahui kegiatan NFC. Pemerintah atau perusahaan ponsel seharusnya lebih memperkuat kegiatan NFC ini karena jika masyarakat banyak menggunakan teknologi NFC ini maka sangat mungkin dapat mengurangi anggaran belanja Negara seperti tidak perlu lagi ada kartu-kartu untuk masuk busway,kereta, dll kemudian bagi usaha bisnis ini sangat menguntungkan karena ini juga dapat mengurangi biaya perusahaan seperti perusahaan perbankan, bank tidak perlu lagi menyiapkan kartu kredit, kartu debit cukup memasukan chip di ponsel nasabah dan ini sangat memudahkan bank dan nasabah. Bagi perusahaan bisnis perhotelan juga sangat menguntungkan tidak perlu lagi kunci hotel bagi pelanggan cukup dengan menggunakan NFC kamar hotel telah terbuka.
Begitu banyak keuntungan dalam menggunakan teknologi NFC baik dilihat dari sisi pemerintah atau Negara bahkan ini sangat menguntungkan bagi perusahaan bisnis dan tidak lain ini sangat memberikan kemudahan dan kenyaman bagi pelanggan atau masyarakat. Sebaiknya teknologi seperti ini (NFC) sudah tersebar luas ditelinga masyarakat dengan begitu masyarakat bisa sangat gampang dalam melakukan kegiatan transaksi.
Pemerintah dan masyarakat seharusnya saling membantu dalam melaksanakan dan menyebarluaskan kegiatan teknologi NFC ini seperti pemerintah sudah seharusnya mengganti system pembayaran tiket kereta dan busway tidak perlu lagi menggunakan kartu cukup menggunakan NFC dan menempelkan pada perangkat jadi masyarakat tidak perlu lagi mengantri. Teknologi NFC sangat memudakan masyarakat dan ini sangat disarankan untuk menyebarluaskan informasi ini di Indonesia denagan bantuan dari pemerintah, perusahaan-perusahaan mobile dan tentunya masyarakat.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Near Field Communication (NFC) adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarak dekat yang memungkin interaksi dua arah antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple. NFC juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat elektronik hanya dengan satu sentuhan.
Manfaat yang diambil dari teknologi NFC ini sangat banyak salah satu nya adalah dengan mengirim data dengan satu sentuhan tanpa mengkonesikan terlebih dahulu. Cara kerja dari teknologi NFC adalah Saat kita mendekatkan Smartphone ke Terminal NFC, NFC Reader akan mengaktifkan signal didalam NFC Tag. Lalu kedua perangkat ini langsung berkomunikasi, dimana NFC Reader mengambil informasi didalam NFC Tag. NFC Reader mengirimkan informasi itu ke server.
Memanfaatkan teknologi NFC dalam kehidupan sehari-hari sangat membantu kegiatan masyarakat salah satu contohnya adalah Ketika terbangun, Anda melihat susu di kulkas sudah mau habis. Cukup dekatkan ponsel Anda ke kontainer susu yang biasa anda beli, secara otomatis susu akan masuk ke daftar belanja Anda setelah pulang kerja, lengkap dengan harga dan gerai dimana susu itu bisa dibeli. Pertukaran informasi yang cepat untuk membantu Anda berbelanja dan melakukan komparasi harga sebelum membeli produk.


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar